TRANSKRIPSI DAN TRANSLITERASI “SYAIR AL- I’TIRAF KARYA ABU NAWAS”
TRANSKRIPSI DAN TRANSLITERASI “SYAIR AL- I’TIRAF KARYA ABU NAWAS”
لَهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلَا
Ilaahii lastu lil
firdausi ahlaa
وَلاَ أَقْوَى عَلىَ
النَّارِ الجَحِيْم
Wa laa aqwaa ‘alan naaril
jahiimi
فَهَبْ ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ
Fahab lii taubataw
waghfir dzunuubii
فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ العَظِيْمِ
Fainnaka ghaafirudz
dzanbil ‘azhiimi
نُوْبِيْ مِثْلُ أَعْدَادِ الرِّمَال
Dzunuubii mitslu a’daadir
rimaali
فَهَبْ ليِ تَوْبَةً يَا ذَا الجَلَالِ
Fahab lii taubatay yaa
dzal jalaali
وَعُمْرِيْ نَاقِصٌ فيِ كُلِّ يَوْمٍ
Wa ‘umrii naaqisun fii
kulli yaumin
وَذَنْبِيْ زَائِدٌ كَيْفَ احْتِمَالِ
Wa dzanbii zaa-idun
kaifah timaalii
لَهِيْ عَبْدُكَ العَاصِي أَتَاكَ
Ilaahii ‘abdukal ‘aashii
ataaka
مُقِرًّا بِالذُّنُوْبِ وَقَدْ دَعَاكَ
Muqirran bidz dzunuubi wa
qad da’aaka
فَإِنْ تَغْفِرْ فَأَنْتَ لِذَاكَ أَهْلُ
Fa in taghfir fa anta
lidzaaka ahlu
وَإِنْ تَطْرُدْ
فَمَنْ نَرْجُوْ سِوَاكَ
Wa in tathrud fa man
narjuu siwaaka
TRANSLITRASI
لَهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلَا
Wahai Tuhanku! Aku bukanlah ahli surga,
وَلاَ
أَقْوَى عَلىَ النَّارِ الجَحِيْم
Tapi aku tidak mampu
menahan siksa dalam neraka.
فَهَبْ
ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ
Maka berilah aku taubat (ampunan) dan
ampunilah dosaku,
فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ العَظِيْمِ
Sesungguhnya engkau
Maha Pengampun dosa yang besar.
ذَ نُوْبِيْ مِثْلُ أَعْدَادِ
الرِّمَال
Dosaku bagaikan bilangan
pasir,
فَهَبْ
ليِ تَوْبَةً يَا ذَا الجَلَالِ
Maka berilah aku taubat
wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.
وَعُمْرِيْ
نَاقِصٌ فيِ كُلِّ يَوْمٍ
Umurku ini setiap hari
berkurang,
وَذَنْبِيْ زَائِدٌ
كَيْفَ احْتِمَالِ
Sedang dosaku terus
bertambah, bagaimana aku menanggungnya.
لَهِيْ
عَبْدُكَ العَاصِي أَتَاكَ
Wahai, Tuhanku! Hamba Mu
yang berbuat dosa telah datang kepada Mu,
مُقِرًّا بِالذُّنُوْبِ وَقَدْ دَعَاكَ
Dengan mengakui segala
dosa, dan telah memohon kepada Mu.
فَإِنْ
تَغْفِرْ فَأَنْتَ لِذَاكَ أَهْلُ
Maka jika engkau
mengampuni, maka Engkaulah yang bisa mengampuni.
وَإِنْ
تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُوْ سِوَاكَ
Namun jika Engkau menolak, kepada siapa lagi kami mengharap selain kepada Engkau?
Syair Al-I’tiraf merupakan jenis syair yang sangat kental akan unsur perasaan dan emosi yang disampaikan oleh pengarang yakni Abu Nawas. Didalamnya berisi luapan hasrat dan keinginan seorang hamba yang tulus guna meminta ampunan atau pertaubatan dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan Sang pencipta. Ketika menilik kembali isi teks dalam syair Al-I’tiraf, kemudian secara historis dihubungkan dengan latar belakang langsung dari kehidupan sang pengarang yang terjadi pada zamannya maka menjadikannya bukti kuat bahwa syair ini telah berusia ratusan tahun yang dikarang sendiri oleh Abu Nawas.
Tak jarang syair Al-I’tiraf digunakan sebagai syair pujian menjelang sholat fardhu ataupun hanya sekedar memuji asma Allah SWT dalam segala waktu dan keadaan. Pujian merupakan salah satu sarana umat muslim untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberi keselamatan dunia dan akhirat. Salah satu daerah yang masih mengamalkan pujian ini yakni sebagian besar di daerah Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Syair Al-I’tiraf biasanya dikumandangkan setelah adzan sholat fardhu oleh mudzin baik di masjid maupun di mushollah. Adapun tujuan utama dikumandangkannya pujian-pujian setelah adzan adalah mengajak masyarakat agar bersama-sama meramaikan tempat ibadah dengan cara berjamaah di masjid ataupun mushollah.
Komentar
Posting Komentar